Home » Jaket Kulit » Kulit Asli Dibuktikan dengan Dibakar?
Filed: Jaket Kulit

Jaket Kulit AsliBeberapa hari yang lalu saya mendapat keluhan dari seorang pelanggan saya. Dia meragukan keaslian kulit yang menjadi bahan jaket yang baru saja dibelinya. Alasannya, dia telah membakar bagian jaket kulitnya dengan cara mendekatkan api dan ternyata kulit yang dibakar tersebut menjadi mengkerut. Dia mendengar selentingan informasi yang mengatakan bahwa kulit asli, jika dibakar, seharusnya tidak menunjukan reaksi apapun. Betulkan demikian ? Betulkah keaslian kulit asli bisa dibauktikan dengan cara dibakar ?

Kulit Asli Dibuktikan dengan Cara Dibakar?

Yang pertama ingin saya sampaikan bahwa kita harus mengingat bahwa hampir semua barang, apapun bentuknya, jika dibakar maka akan menunjukan reaksi. Bukankah logam emas sekalipun jika dibakar dengan suhu tertentu maka dia akan meleleh ? Jadi, setiap barang mempunyai titik beku tertentu dan mempunyai titik didih tertentu. Banyak faktor yang menentukan kapan barang tersebut akan bereaksi jika dibakar. Mungkin titik didihnya, mungkin jangka waktu berapa lama dia dibakar dan sebagainya.

Bagaimana dengan kulit sendiri? Yang dimaksud membuktikan keaslian kulit dengan cara dibakar adalah dengan cara didekatkan pada api yang bergerak dan sebentar. Sepintas saja. Jika kulit asli didekati api pada suatu titik saja dan dalam waktu lama maka pasti kulit tersebut akan menunjukan reaksi. Respon dari kulit ini biasanya berupa kerutan. Jadi kata kuncinya : betul, kulit asli bisa dibuktikan keasliannya dengan cara didekatkan ke api kalau sebentar. Kalau lama, jangankan kulit, besi aja pasti meleleh.

Yang kedua, saya ingin juga ingin mengingatkan kita semua bahwa kulit sintetiis (bukan asli) jika didekatkan pada api maka responnya adalah munculnya/keluarnya unsur plastik dari kulit tersebut. Jadi, respon kulit asli saat dibakar adalah TIDAK ADA RESPON jika dibakar sebentar atau memang ada respon MENGKERUT jika dibakar agak lama. Sedangkan respon dari kulit sintetis saat dibakar adalah justru MEKARnya kulit tersebut karena unsur plastinya keluar. Jadi kalaupun ada respon akibat dari pembakaran tersebut maka gejala yang timbul akan berbeda.

Saya ingin hal ini menjadi pengetahuan umum sehingga kita bisa menghargai produk pribumi Indonesia dalam bentuk kulit hewan asli yang dibuat dengan jerih payah masyarakat kecil. Bukan menghakimi kulit asli kami dengan kulit palsu atau kulit sintetis hanya berdasarkan gosip yang tidak ilmiah. Saya juga mengundang anda yang ragu dengan keaslian kulit kami untuk datang ke Pabrik Penyamakan Kulit kami.. bukan datang ke toko. Supaya anda bisa melihat proses penyamakan dari sejak kulit dalam bentuk masih berbulu hewan hingga kulit siap dijahit.

Sorry rada emosi hehehe… edisi empati kepada seorang kawan yang difitnah menjual jaket kulit palsu (padahal asli kulit domba)….

Related Post Kulit Asli Dibuktikan dengan Dibakar?

Kulit Domba di Idul Adha

Jaket Kulit Sintetis Murah Meriah

Jaket Kulit Couple yang Bikin Serasi

Foto Jaket Kulit Keren 33

Sepatu Kulit Asli dari Garut, Mau ?